Thursday, December 29, 2011

PENGARUH KONSENTRASI JUS BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) TERHADAP PERUBAHAN WARNA GIGI DALAM PROSES PEMUTIHAN GIGI SECARA IN VITRO

ABSTRAK
Latar belakang : Hidrogen peroksida (H2O2) merupakan senyawa radikal bebas yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pemutihan gigi. Kadar H2O2 yang lebih tinggi lebih efektif dalam proses pemutihan gigi. Lycopersicon esculentum Mill mengandung senyawa H2O2, tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara
empiris pengaruh perbedaan konsentrasi jus Lycopersicon esculentum Mill terhadap perubahan warna gigi pada proses pemutihan gigi secara in vitro.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen laboratoriun secara in-vitro dengan metode true experimental dengan rancangan Pre and Post Randomized Controlled Group Design yang menggunakan gigi post ekstraksi sebagai sampel penelitian. Besar sampel sejumlah 15 gigi, dibagi kedalam tiga kelompok yaitu kelompok kontrol (K), kelompok perlakuan pertama (P1) dengan konsentrasi 100% jus Lycopersicon esculentum Mill, dan kelompok perlakuan kedua (P2) dengan konsentrasi 50% jus Lycopersicon esculentum Mill.Hipotesis diuji dengan menggunakan uji One Way ANOVA melalui SPSS 15.00 for Windows.

Hasil: Nilai signifikansi uji One Way Anova menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara kelompok K, P1, dan P2 dengan F hit = dan p< 0,05. Mean Selisih perubahan warna (dE*AB/intensitas warna yang diserap) kelompok K, P1, dan P2 berturut-turut 4,82 +/- 5,01; 36,23 +/- 16,89 dan 33,79 +/- 22,36.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh perbedaan konsentrasi jus buah tomat (Lycoperiscon esculentum Mill) terhadap perubahan warna gigi pada proses pemutihan gigi secara in vitro.

Kata Kunci : Lycopersicon esculentum Mill, Perubahan Warna Gigi, Proses Pemutihan Gigi

Download KTI selengkapnya di sini
atau
Download di sini

No comments:

Post a Comment